Emas batangan merupakan salah satu bentuk investasi yang sangat populer di kalangan masyarakat. Selain sebagai investasi, emas juga sering kali dijadikan perhiasan. Namun, tahukah Anda bahwa emas batangan yang terdapat di toko perhiasan memiliki beberapa perbedaan dengan emas batangan yang dijual di tempat lain? Artikel ini akan membahas perbedaan utama antara keduanya.

1. Kualitas dan Kemurnian Emas

  • Toko Perhiasan: Emas batangan yang dijual di toko perhiasan umumnya memiliki kadar kemurnian yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan emas batangan murni. Hal ini karena emas di toko perhiasan sering kali dicampur dengan logam lain untuk meningkatkan daya tahan dan kekuatan, terutama jika emas tersebut akan dijadikan perhiasan.
  • Emas Batangan Biasa: Emas batangan yang dijual di tempat khusus seperti bank atau lembaga keuangan umumnya memiliki kadar kemurnian yang sangat tinggi, sering kali mencapai 99,99%. Emas ini dikenal sebagai emas murni 24 karat dan tidak dicampur dengan logam lain.

2. Bentuk dan Ukuran

  • Toko Perhiasan: Emas batangan di toko perhiasan biasanya tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran yang lebih kecil. Beberapa mungkin dibentuk dengan desain tertentu atau diukir dengan logo dan merek dagang toko tersebut.
  • Emas Batangan Biasa: Emas batangan yang dijual di tempat lain umumnya memiliki ukuran yang lebih besar dan bentuk yang lebih seragam. Bentuknya biasanya persegi panjang atau persegi dan tidak memiliki hiasan tambahan. https://grillinbrazilian.com/

3. Harga dan Biaya Tambahan

  • Toko Perhiasan: Harga emas batangan di toko perhiasan sering kali lebih tinggi karena melibatkan biaya pembuatan dan desain tambahan. Selain itu, toko perhiasan juga menambahkan margin keuntungan yang lebih besar.
  • Emas Batangan Biasa: Harga emas batangan di tempat lain lebih mencerminkan harga pasar internasional emas. Biaya tambahan seperti pembuatan atau desain biasanya tidak ada, sehingga harganya cenderung lebih murah dibandingkan dengan di toko perhiasan.

4. Sertifikasi dan Jaminan

  • Toko Perhiasan: Emas batangan dari toko perhiasan biasanya disertai dengan sertifikat yang menjelaskan kadar emas dan beratnya. Namun, sertifikasi ini mungkin berasal dari toko tersebut dan bukan dari lembaga sertifikasi resmi.
  • Emas Batangan Biasa: Emas batangan yang dijual di tempat khusus umumnya disertai dengan sertifikat resmi dari lembaga yang diakui secara internasional. Sertifikat ini memberikan jaminan mengenai kemurnian dan berat emas, serta memudahkan proses jual beli di kemudian hari.

5. Tujuan Pembelian

  • Toko Perhiasan: Emas batangan yang dibeli di toko perhiasan sering kali bertujuan sebagai perhiasan atau hadiah. Oleh karena itu, desain dan estetika menjadi faktor penting.
  • Emas Batangan Biasa: Emas batangan yang dibeli di tempat lain lebih sering bertujuan sebagai investasi. Keindahan dan desain bukanlah faktor utama; yang lebih penting adalah kemurnian dan berat emas.